Minggu, 31 Agustus 2014

MOTIVATION: BAHAGIA ITU SEDERHANA, MAKA BERBAHAGIALAH

Seringkali dari kita berpatokan bahwa untuk bahagia kita harus memiliki ini, itu, begini, begitu. Kenyataannya memiliki materi dan kondisi-kondisi mudah lebih mendekatkan kita kepada hal bahagia. Namun sadarkah kita, di luar sana banyak yang memiliki materi dan kondisi tersebut dan masih urung tidak bahagia.

Lantas dimana sumber bahagia tersebut? Yes, ada di dalam mindset.
 
Ingin bahagia, maka ciptakan kondisi tersebut. Maka kebahagiaan hakiki akan datang. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk berbahagia. Mari kita simak.


1. Tetap tenang dan berserah menghadapi kekhawatiran dan ketakutan

Perasaan takut dan khawatir merupakan pikiran kita yang paling tidak produktif. Sebagian besar hal-hal yang kita khawatirkan atau takutkan tidak pernah terjadi. Jadi untuk apa kita khawatir dan takut?


2. Memaafkan dan hindari dendam

Dendam adalah hal terbesar dan akan menjadi beban terberat jika kita menyimpannya di dalam hati. Maukah kita membawanya sepanjang hidup? Jangan sia-siakan energi kita dengan menyimpan dendam, sudah pasti tidak ada gunanya. Gunakanlah energi kita tersebut untuk hal-hal yang positif.


3. Selesaikan masalah satu persatu

Jika kita memiliki beberapa masalah, selesaikanlah masalah kita satu per satu. Menyelesaikan masalah sekaligus dengan kapasitas yang ada kebanyakan akan membuat kita semakin stress.


4. Tinggalkan masalah Anda di luar kamar tidur


Masalah adalah hal yang sangat buruk untuk kesehatan tidur kita. Pikiran bawah sadar kita adalah hal yang luar biasa yang dapat membuat kita gelisah dan tidur kita menjadi tidak nyenyak. Maka penting adanya tidak membawa masalah ke dalam ruang tempat kita beristirahat. Bila masalah itu ada di kantor, penting untuk tidak di bawa ke rumah.


5. Jangan Mengambil Masalah Orang Lain Untuk Anda Selesaikan

Membantu orang lain yang sedang dalam masalah adalah hal yang mulia, tetapi jika kita mengambil porsi terbesar untuk menyelesaikan masalah orang lain tersebut justru itulah kesalahan terbesar. Biarkanlah orang tersebut yang menyelesaikan masalahnya sendiri dengan porsi terbesar.


6. Hiduplah di masa kini

Mungkin terasa nyaman bagi kita mengingat hal-hal yang menyenangkan di masa lalu tetapi jangan anda terlena didalamnya. Konsentrasilah dengan apa yang terjadi saat ini, karena kita pun akan bisa merasakan banyak kebahagiaan di saat ini. Saya yakin kita akan mempunyai perasaan yang jauh lebih berbahagia jika kita merayakan apa yang terjadi saat ini dibanding dengan mengingat-ngingat kebahagiaan di masa lalu.


7. Jadilah Pendengar yang Baik

Mungkin sebagian besar orang termasuk saya susah untuk menjadi pendengar yang baik. Justru sebaliknya kita mengharapkan orang lain yang mendengarkan omongan kita, tetapi sebetulnya dengan belajar mendengarkan orang lain, kita akan mendapatkan banyak hal baru yang dapat sangat berguna bagi kebahagiaan hidup kita.


8. Jangan Biarkan Frustasi Mengatur dan Bahkan Mengacaukan Hidup Anda

Kasihanilah diri kita lebih dari apa pun, maksud saya adalah janganlah kita menyerah pada frustasi. Maju terus. Ambillah tindakan-tindakan positif dan lakukanlah dengan konsisten.


9. Bersyukurlah...

Bersyukur dan berterimakasihlah atas semua yang kita dapatkan, bukan hanya hal yang positif saja tetapi juga hal yang negatif, karena saya percaya dibalik setiap hal yang negatif tersebut ada hal baik yang bisa kita pelajari.


10. Tersenyumlah dan berfikir positif ketika memulai hari

Biasakan simpulkan senyum dan berprasangka baik untuk hari yang akan dijalani. Dua hal ini akan menginisiasi mindset untuk tetap segar dan optimis dalam beraktivitas.


Mindset yang positif akan menelurkan sikap positif. Dan sikap positif akan menarik hal-hal positif dari sekitar kita. Create your own destiny...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar